Temanggung, Desa Morobongo (13/8/2024)- UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, karena sektor ini menyumbang sebagian besar dari total lapangan kerja dan berkontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). UMKM menjadi motor penggerak ekonomi lokal di berbagai daerah, menciptakan peluang usaha, dan mengurangi ketergantungan pada industri besar. Selain itu, UMKM juga berperan dalam memperkuat inklusi keuangan dan memberdayakan masyarakat kelas menengah dan bawah, serta menjadi fondasi penting bagi stabilitas ekonomi Indonesia di tengah tantangan global dan domestik.
Untuk meningkatkan daya saing, UMKM memiliki berbagai macam kesulitan yang dialami. Salah satu kesulitan tersebut yakni bagaimana dalam melakukan branding atas produk yang dipasarkan. Kini kita menyadari bahwa branding ataupun identitas merek memiliki peran yang penting atas persaingan bisnis yang terus menguat. Identitas yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi UMKM dalam meluaskan pangsa pasar dari produk yang ditawarkan. Hal ini menjadi alasan tersendiri dari mahasiswa KKN Undip untuk dapat membantu UMKM di Desa Morobongo dalam membuat desain kemasan produk mereka.
Pada hari Selasa, 13 Agustus 2024, kegiatan desain kemasan dilaksanakan di rumah mas Vian selaku salah satu UMKM di Desa Morobongo. Kegiatan yang dilaksanakan dimulai dari pemaparan akan pentingnya identitas kemasan bagi produk supaya dapat terus menarik perhatian konsumen hingga peningkatan hasil penjualan. Setelah itu dilaksanakan demonstrasi bagaimana cara melakukan desain kemasan dengan mengikuti trend desain kekinian hingga pemilihan warna berdasarkan hasil dari penelitian. Tidak hanya disitu, dikenalkan juga mengenai software yang dapat menampilkan mock up atas desain kemasan yang telah dibuat dengan tujuan pemilik UMKM dapat melihat desain sesuai dengan kondisi yang sebenarnya pada kemasan.
“Kemasan ini menjadi aspek yang penting kini bagi para UMKM. Kemasan yang menarik memang benar dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan. Selain itu, dengan kegiatan ini, semoga UMKM lainnya dapat tertarik untuk mengembangkan identitas kemasan pada produknya untuk meningkatkan daya saing UMKM”,ujar Mas Vian sebagai salah satu UMKM di Desa Morobongo.
Kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat membantu UMKM seperti mas Vian untuk dapat terus berkembang pada pangsa pasar yang lebih luas. Selain itu, kontribusi yang nyata bagi kemajuan UMKM di desa hadir atas kegiatan pembuatan kemasan ini. UMKM lokal memiliki potensi besar untuk terus berkembang dengan bantuan dan dukungan yang tepat.
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook